Senin, 15 November 2010

Sejumlah ormas Islam memutuskan untuk menggelar salat  Idul Adha  pada hari Selasa (16/11) besok. Pengurus Wilayah Muhamamdiyah Jawa Barat memusatkan salat Idul Adha di Lapangan Lodaya, Bandung, sementara kelompok Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Jawa Barat di Stadion Persib.


Ketua PW Muhamadiyah Jawa Barat Dadang Kahmad mengatakan, keputusan menjalankan shalat Idul Adha  pada besok, Selasa (16/11), merupakan keputusan pengurus pusat. ”Kita melihat wujudul hilal untuk hisab tanggal 1 Dzulhijah jatuh pada tanggal 7 November,” katanya saat dihubungi Tempo, Senin (15/11).

Menurutnya, perhitungan bulan baru tersebut, jatuh pada tanggal itu setelah melihat bulan sudah di atas ufuk dengan ketinggian 1,3 derajat di hari itu. Berdasarkan itu, diputuskan Hari itu, 7 November sudah masuk bulan Dzulhijah.

Dadang mengatakan, pengurus wilayahnya sudah menyebarkan edaran untuk melaksanakan salat Idul Adha serentak, esok hari. Pengurus Wilayah Muhamadiyah Jawa Barat menggelar salat di Lapangan Lodaya, sementar seluruh pengurus cabang juga akan menggelarnya di tempatnya masing-masing.

Juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) wilayah Jawa Barat Luthfi Afandi mengatakan, kelompoknya akan menggelar salat Idul Adha besok. ”Kita akan pusatkan di Lapangan Persib Jalan Ahmad Yani,” katanya saat dihubunti Tempo lewat telepon, Senin (15/11).

Dia mengatakan, kelompoknya memutuskan salat Idul Adha besok, mengacu pada pelaksanaan Shaum Arafah yang dilakukan oleh mereka yang melaksnakan ibadah haji di Mekah saat wukuf. Di Mekah, lanjutnya, hari ini, mereka yang menunaikan ibadah haji tengah melakukan puasa itu.

Luthfi mengatakan, pelaksanaan ibadah salat Ied itu berkaitan erat dengan pelaksanaan ibadah haji. ”Oleh karena itu, kami memutuskan bahwa Idul Adha jatuh besok, Selasa, 16 November,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar